Minggu, 28 April 2013

Bab 3. Peta Perekonomian Indonesia

Diposting oleh Unknown di 06.28
A. Keadaan Georafis Indonesia.

Indonesia merupakan negara kepulauan, dengan luas keseluruhan kurang lebih 195 sampai 200 juta Ha. Keadaan demikian yang dapat menjadi suatu kekuatan dan kesempatan bagi perkembangan perekonomian kita, dan sebaliknya dapat menjadi kelemahan dan ancaman bagi perekonomian kita.
Jika sebagian besar pulau yang subur dan kaya akan hasil bumi dan tambang dan itu akan menjadi sebuah kekuatan dan kesempatan.
Tapi kenyataan itu juga dapat menjadi kelemahan dan ancaman bagi perekonomian Indonesia, jika sumber daya yang ada di setiap pulau hanya dinikmati oleh sebagian masyarakat saja. Demikian pula juga jika ada pihak luar yang secara ilegal mengambil kekayaan alam indonesia di berbagai kepulauan, yang secara geografis memang sulit untuk dilakukan pengawasan seperti biasa. 
Indonesia hanya mengalami dua musim. dengan kondisi iklim yang demikian itu menyebabkan beberapa produk hasil bumi dan industri menjadi sangat spesifik sifatnya. Dengan demikian diperlukan usaha untuk memanfaatkan keunikan produk indonesia tersebut untuk menangkan persaingan di pasar lokal maupun dunia.
Negara Indonesia kaya akan bahan tambang. Sejarah membuktikan bahwa salah satu tambang kita, yaitu minyak bumi pernah menjadikan negara Indonesia memperoleh dana pembangunan yang sangat hesar, sehingga pada saat itu target pertumbuhan ekonomi kita sangat berani.
Indonesia menempati posisi yang sangat strategis, terletak diantara dua benua dan dua samudra dengan segala perkembangannya. Dengan letak yang strategis tersebut kita harus dapat memanfaatkannya, sedemikian rupa sehingga lalu lintas ekonomi yang terjadi akan singgah dan membawa dampak positif bagi kebaikan perekonomian Indonesia. Yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan segala sesuatu, seperti sarana telekomunikasi, perdagangan, pelabuhan laut, udara, serta infrastruktur lainnya.

B. Mata Pencaharian

Dari keseluruhan wilayah Indonesia, dapat disimpulkan bahwa, :
  • Mata pencaharian penduduk Indonesia sebagian besar berada pada sektor pertania.
  • Kontribusi sektor pertanian terhadap GDP secara absolut masih dominan, namun jika dibanding dengan sektor di luar pertanian menampakan adanya penurunan dalam persentase.
  • Yang perlu diwaspadai dalam sektor pertanian adalah komoditi yang dihasilkan dari sektor ini relatif tidak memiliki nilai tambah yang dihasilkan sektor lain (contohnya, sektor industri), sehingga sebagian masyarakat Indonesia yang memang bermata pencarian di sektor pertanian semakin tertinggal dengan yang bekerja di sektor lainnya.
Langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk mengatasinya adalah, :
  • Memperbaiki kehidupan penduduk/ petani dengan pola pembinaan dan pembangunan sarana dan prasarana bidang pertanian.
  • Meningkatkan nilai tambah komoditi pertanian, jika dimungkinkan tidak hanya untuk pasar lokal saja.
  • Mencoba mengembangkan kegiatan agribisnis.
  • Menunjang kegiatan transmigrasi.
C. Sumber Daya Manusia

Sebagai salah satu negara yang masih berkembang, Indonesia memang menghadapi masalah sumber daya manusia, diantaranya, :
  • Pertumbuhan penduduk yang masih tinggi.
  • Penyebaran yang kurang merata.
  • Kurang seimbangnya struktur dan komposisi umur penduduk, yang ditandai dengan besarnya jumlah penduduk yang berusia muda serta mutu penduduk yang masih relatif rendah.
Adapun tindakan pemerintah untuk menekan angka pertumbuhan yang semakin meningkat ialah dengan, :
  • Melasksanakan program keluarga berencana.
  • Meningkatkan mutu sumber daya manusia yang telah ada, sehingga dapat menunjang peningkatan produktifitas guna mengimbangi laju pertumbuhan penduduknya.
Tidak seimbangnya beban penduduk antar daerah itu akan berdampak terpusatnya modal di daerah tertentu saja.
Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah, :
  • Penyelenggaraan program transmigrasi.
  • Memperbaiki dan menciptakan lapangan-lapangan kerja baru di daerah-daerah tertinggal.
Adapun tindakan pemerintah untuk mengatasi komposisi penduduk yang tidak seimbang adalah, :
  • Meninjau kembali sistem pendidikan di Indonesia yang masih bersifat umum, untuk dapat lebih disesuaikan dengan disiplin ilmu khusus yang lebih sesuai dengan tuntutan pembangunan.
  • Menciptakan sarana dan prasarana pendidikan yang lebih mendukung point pertama diatas.
Sasaran kebijaksanaan tenaga kerja di Indonesia meliputi hal-hal sebagai berikut, :
  1. Memperluas lapangan pekerjaan untuk dapat menyerap pertambahan angkatan kerja baru dan mengurangi tingkat pengangguran.
  2. Membina angkatan kerja baru yang memasuki pasar melalui latihan keterampilan untuk berusaha sendiri maupun untuk mengisi lapangan pekerjaan yang tersedia.
  3. Membina dan melindungii para pekerja melalui mekanisme hubungan kerja yang dijiwai oleh Pancasila dan UUD 1945, memperbaiki kondisi-kondisi dan lingkungan kerja agar sehat dan aman serta meningkatkan kesejahteraan pekrja.
  4. Meningkatkan lajunya pertumbuhan penduduk dan meningkatkan mutu tenaga kerja.
  5. Memperlambat lajunya pertumbuhan penduduk dan meningkatkan mutu tenaga kerja melalui usaha pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia.
D. Invetasi

Pemerintah memerlukan dana yang besar dari selisih penerimaan dan pengeluaran/ biaya rutin pemerintah. Namun sayangnya pemerintah tidak dapat terus-menerus mengandalkan tabungan pemerintah tersebut. Perlu dilakukan upaya-upaya tambahan guna membantu memenuhi kebutuhan dana investasi pembangunan. Upaya-upaya tersebut adalah, :
  1. Lebih mengembangkan ekspor komoditi non-migas, sehingga secara absolut dapat meningkatkan penerimaan pemerintah dari sektor luar negeri.
  2. Mengusahakan adanya pinjaman luar negeri yang memiliki syarat lunak, serta menggunakannya untuk kegiatan investasi yang menganut prinsip priorotas.
  3. Menciptkan iklim investasi yang menarik dan aman bagi para penanam modal asing, sehingga makin banyak penanam modal asing yang masuk ke Indonesia.
  4. Lebih menggiatkan dan menyempurnakan sistem perpajakan dan pengkreditan, terutama kredit untuk golongan ekonomi lemah, agar mereka secepatnya dapat berjalan bersama dengan para pengusaha besar dalam rangka peningkatan produktifitas. 

0 komentar:

Posting Komentar

welcome to my blog

Menu

Popular Posts

 

Liska ღ Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez